Dasar-dasar Menulis Berita

Bagi pemula ataupun yang ingin belajar menulis berita tentunya harus memperhatikan dasar-dasar penulisan berita agar berita yang ditulis tidak melenceng dari aturan sebenarnya. Dasar-dasar penulisan berita pun sangat perlu diperhatikan bagi para citizen journalism.

Berikut ini dasar-dasar menulis berita:

1. Berita adalah Laporan Peristiwa

Berita harus berisikan tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang benar-benar fakta. Karena berita adalah fakta objektif yang harus terbebas dari intervensi siapapun dan dari pihak manapun termasuk dari kalangan jurnalis, editor, dan kaum investor media massa itu sendiri.

2. Elemen atau Unsur Berita 5W + 1H


Dalam menulis berita perlu diperhatikan Unsur 5W + 1H yaitu: what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa) dan how (bagaimana). Keenam unsur tersebut ditulis dalam kalimat yang ringkas, jelas, dan menarik agar memudahkan dalam penyusunan berita.

3. Pola Penyusunan Menggunakan Piramida Terbalik

Dalam pola piramida terbalik disusun secara deduktif. Kesimpulan dinyatakan terlebih dahulu pada paragraf pertama, baru kemudian disusul dengan penjelasan dan uraian yang lebih rinci dari paragraf-paragraf sebelumnya.

Apabila paragraf pertama merupakan pesan berita sangat penting, maka paragraf selanjutnya masuk pada kategori penting, cukup penting, kurang penting, agak kurang penting, dan sama sekali tidak penting. Rumusnya semakin kebawah semakin tidak penting.

4. Struktur Berita


Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah struktur berita, sebagai berikut:

Head
Adalah judul berita yang merupakan identitas berita. Judul yang baik memiliki syarat-syarat, yaitu: singkat, padat, relevan (mencerminkan isi), menghindari kalimat tanya, lazimnya menggunakan unsur what dan who.

Lead
Adalah teras berita, yaitu paragraf pertama yang memuat fakta atau informasi terpenting dari keseluruhan uraian berita. Biasanya diawali dengan unsur who (siapa) dan why (mengapa).

Body
Adalah badan berita, yaitu paragraf ke-2 dan selanjutnya yang memuat fakta atau informasi penambah atau pelengkap keterangan.

5. Dua Jenis Berita, Berita dan Berita Opini


Berita adalah laporan suatu kejadian atau peristiwa. Sedangkan berita opini adalah berita yang berisi pendapat atau gagasan seseorang, atau dengan kata lain berita opini adalah memberitakan opini narasumber.

Related Post



januar surya mengatakan...

terima kasih. sangat bermanfaat.

bisnis online terpercaya www.kiostiket.com

Poskan Komentar